Kamis, 13 November 2014

Aplikasi Find Alumni LINE Gunakan Data Resmi Kemendikbud

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA—Aplikasi Find Alumni yang diluncurkan oleh LINE Indonesia pada  5 November 2014 lalu dipastikan sudah memenuhi prosedur yang berlaku. Lantaran mengambil data resmi milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Find Alumni yang kami sajikan dalam fitur ini memang berdasarkan data resmi milik Kemendikbud yang bersifat open source,” terang Team Leader Marketing LINE Indonesia Galuh Chandrakirana, Jumat (14/11).

Ia mengklarifikasi hal ini karena sebelumnya beredar isu bahwa aplikasi anyar tersebut dinilai bentuk data mining yang ilegal dan mengganggu privasi publik. Semua data dalam aplikasi tadi, sebutnya, bisa ditemukan di tautan  http://referensi.data.kemendikbud.go.id. 

Tautan ini bisa ditemukan jika pengguna membuka dan mencari via situs pencari Google. Kemudian masukkan kata pencari ‘data referensi pendidikan’, maka akan keluar tautan dan dapat mencari daftar nama sekolah di Indonesia mulai dari jenjang SD hingga universitas dari data master.

"Sehingga memang tidak ada kerja sama secara formal dalam bentuk MoU dengan pihak Kemendikbud. Mengenai hal yang dituduhkan kepada kami oleh pakar ICT, mungkin belum memahami keseluruhan konteks permasalahannya jadi langsung menyimpulkan,” tegas Galuh.

Sumber : http://trendtek.republika.co.id/berita/trendtek/aplikasi/14/11/14/nf09y4-aplikasi-find-alumni-line-gunakan-data-resmi-kemendikbud

Tidak ada komentar:

Posting Komentar