Minggu, 05 Januari 2014

6 Cara Mengatasi Stress Akibat Pekerjaan

Anda mungkin salah satu orang yang mengalami stress akibat pekerjaan Anda di kantor. Entah itu politik di kantor, makanan di kantin yang tidak enak, atasan yang menyebalkan, dll – dan ini tentu membuat Anda stress bukan? Apa yang Anda lakukan? Bagaimana Anda mengatasinya?

Anda bisa mengikuti beberapa tips sederhana berikut :

1.       Tetap tenang
Ketika pekerjaan sampai ke Anda, coba ambil istirahat sejenak. Cobalah berbicara dengan seseorang, mendengarkan musik atau tidur siang selama  20 menit. Ringankan pikiran Anda dari semua masalah. Ini akan membantu Anda berpikir jernih, mendapatkan perspektif dan ide-ide baru. Beralih ke proyek yang berbeda, berjalan-jalan di sekitar kantor, atau hanya menonton video lucu akan memberi keajaiban bagi saraf Anda.

2.       Hindari kopi
Ambil istirahat tapi jangan minum kopi. Mengkonsumsi kopi akan membuat Anda tegang. Kafein akan memompa adrenalin Anda dan mengurangi adenosin yang merupakan relaksan alami dalam otak Anda.

3.       Bersikap rasional
Kemarahan dan stres memiliki sumber, dan yang terbaik adalah memahami sumber kemarahan ini dan menghadapinya. Anda tahu apa yang mereka katakan, “Anda harus tahu musuh Anda.” Ini akan membantu Anda mencegah stress sejak awal.

4.       Meditasi
Stres? Konsumsi pil penenang? Itu sudah ketinggalan zaman. Sudah waktunya untuk bermeditasi. Jika Anda tidak dapat berjalan-jalan atau beranjak dari meja Anda, Anda bisa bermeditasi untuk membantu Anda membebaskan diri dari belenggu pekerjaan Anda.

5.       Pisahkan kehidupan pekerjaan dan kehidupan pribadi
Stress di kantor dapat mempengaruhi hubungan pribadi Anda dan hubungan pribadi dapat mempengaruhi kehidupan pekerjaan Anda. Menarik garis di antara dua hal ini dan pastikan untuk mencegahnya.

6.       Rekan kerja
Jauhi rekan kerja yang mempunyai pikiran negatif, bersikap tidak tegas dan tidak berwibawa, tetapi jika mereka masih menggantung di sekitar Anda, dengarkan mereka, tetapi bersikap diplomatis dalam tanggapan Anda. Bicara sopan dan tetap hormati orang lain, belajar untuk mengatakan tidak pada hal yang bukan pekerjaan Anda.

sumber :
www.areadewasa.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar