Minggu, 15 Juni 2014

Segudang Manfaat Kelapa

Selain meningkatkan energi, kelapa dapat membantu ADers melawan radikal bebas.

Dilansir dari wikipedia, kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Seperti yang dikutip dari Merdeka, mulai dari air kelapa, daging buah kelapa, hingga minyak kelapa semuanya bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut berbagai macam manfaat kelapa untuk kesehatan tubuh, dilansir dari Magforwomen dan manfaatsehat:

1. Meningkatkan energi
Kelapa adalah salah satu makanan sehat yang mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Saat sistem metabolisme tubuh berjalan dengan baik, maka tingkat energi akan meningkat.

2. Mengatasi rambut rontok
Sebuah kelapa hijau muda potong bagian atas dan bawahnya. Beri lubang bagian atasnya. Beri garam sedikit. Embunkan di luar rumah semalaman. Gunakan airnya untuk membasahi kulit kepala sambil dipijat-pijat. Lakukan sore hari sesudah mandi.

3. Melindungi dari infeksi
Air kelapa kaya akan zat antioksidan sehingga mampu mencegah Anda dari serangan virus dan infeksi lainnya.

4. Mencegah uban
Sebuah kelapa hijau diparut, peras santannya. Beri garam, biarkan semalam. Pakai untuk keramas.

5. Membantu penurunan berat badan
Kandungan serat yang ada di dalam kelapa baik untuk menurunkan berat badan Anda. Serat mampu membersihkan pencernaan sehingga berat badan Anda tetap terkontrol dan Anda terhindar dari obesitas.

6. Mengobati cacing kremi
Seperempat kelapa hijau dan satu buah wortel diparut, campur kedua bahan ini dengan segelas air, peras, dan saring. Sebaiknya diminum malam hari sebelum tidur.

7. Menurunkan tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi dapat diatasi dengan memperbanyak konsumsi kelapa. Sebab kelapa tinggi akan potasium yang membantu mengatur tekanan darah.

8. Mengatasi sukar tidur
Lima potong akar pohon kelapa hijau (masing-masing 4 cm) dicuci, dipotong-potong. Rebus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring, minum setengah cairan itu sebelum tidur.

9. Mengurangi ketegangan otot
Aktivitas yang dilakukan seharian mampu membuat otot menjadi tegang dan nyeri otot. Apabila ADers mengalami hal tersebut, perbanyaklah konsumsi kelapa sebab kelapa mengandung magnesium yang mampu mengurangi ketegangan otot dan nyeri saraf.

10. Nyeri menjelang haid
Untuk ADers para Wanita yang kerap merasa nyeri menjelang haid. Air kelapa dapat membantu mengatasi rasa nyeri tersebut. Caranya, campur air kelapa dengan gula kelapa. Minum dua kali sehari selama tiga hari berturut-turut menjelang haid.

11. Mencegah anemia
Jika ADers menderita kekurangan zat besi, konsumsilah buah kelapa. Sebab buah kelapa kaya akan zat besi dan mampu meningkatkan tingkat hemoglobin di dalam tubuh.

12. Mengobati kolera
Sebuah kelapa hijau dipotong bagian atas dan bawahnya. Lubangi bagian atas. Panaskan di atas api hingga airnya mendidih selama 10 menit. Setelah dingin minum airnya dua kali sehari.

13. Menguatkan tulang
Kelapa kaya akan fosfor yang mampu memperkuat tulang. Oleh karena itu konsumsi air kelapa untuk menghindari radang sendi dan tulang rapuh.

14. Menurunkan panas
Campurkan segelas air kelapa muda dengan satu sendok madu, diaduk rata. Minumlah dua kali sehari, masing-masing satu gelas untuk Dewasa, atau setengah gelas untuk anak di bawah lima tahun.

15. Anti aging
Air kelapa mengandung zat antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas sehingga membantu memperlambat proses penuaan dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Efek ini membuat ADers kebal terhadap beberapa penyakit ringan.

16. Membantu mengeluarkan racun
Air kelapa dapat membersihkan tubuh dari racun dan menghilangkan kelelahan. Inilah sebabnya saat ADers keracunan atau alergi, sebaiknya minum air kelapa muda.

17. Melembabkan dan meremajakan tubuh
Air kelapa mengandung 94% air dan sebenarnya sangat rendah kalori. Air kelapa juga bebas lemak dan rendah gula, menjadi minuman yang menyediakan vitamin, potasium, serta enzim dan asam amino.

sumber : www.areadewasa.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar