Minggu, 15 Juni 2014

Sehat Mengkonsumsi Cranberry

Tanaman cranberry, atau dikenal pula dengan nama lain fenberry (di Inggris) atau mossberry (di Kanada), adalah sejenis tanaman semak yang digolongkan ke dalam genus Vaccinium, dan digolongkan lagi ke dalam sub genus Oxycoccos. 

Dilansir dari Femina, konon, buah ini sudah diketahui khasiatnya sejak zaman nenek moyang suku Indian kuno, yakni sebagai obat luka akibat terkena panah.

Berikut adalah manfaat lain buah cranberry untuk kesehatan seperti dilansir dari boldsky.com:

1. Mencegah obesitas
Jika ADers menderita obesitas, konsumsilah jus cranberry secara rutin. Sebab buah ini kaya akan asam organik yang dapat mengurangi timbunan lemak di dalam tubuh.

2. Mencegah penyakit pernapasan
Haemophilus influenza merupakan bakteri yang menyebabkan infeksi pada telinga dan pernapasan anak-anak. Sedangkan buah ini mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan penyakit pernapasan.

3. Melindungi kesehatan gigi
Kandungan proanthocyanidine di dalam cranberry mampu melindungi gigi dari bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi dan mengurangi timbulnya plak.

4. Meningkatkan kesehatan jantung
Mengonsumsi buah cranberry mampu meningkatkan sistem kesehatan kardiovaskular. Hal ini disebabkan adanya flavonoid didalamnya, yang mampu mengurangi lemak dan menurunkan kolesterol di dalam tubuh.

5. Mencegah tumor
Cranberry kaya akan senyawa polifenol yang baik untuk mencegah pertumbuhan tumor di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi jus cranberry secara teratur maka dapat menghentikan pertumbuhan tumor yang mampu menyebabkan kerusakan organ penting lainnya seperti paru-paru, payudara, dan prostat.

6. Menghindarkan dari resiko infeksi saluran kemih
Pada bulan April 2004, lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA, mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kemih. Hal ini dibuktikan oleh empat uji klinis acak sempurna yang menyatakan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kemih. 

7. Sangat baik untuk kulit
Menurut dr. Eddy Karta Spkk, buah ini mengandung zat anthocyanin flavonoids, sianidin, peonidin, quercetin, tanin, vitamin A, vitamin C dan E. Semua ini berkhasiat meregenerasi, melembapkan, mencerahkan, sekaligus mengencangkan kulit. 

“Selain itu, cranberry juga manjur untuk mengurangi kerutan dan kekusaman karena efek buruk radikal bebas. Enzim yang terkandung di dalamnya dapat membantu proses pengelupasan sel kulit mati yang menyumbat saluran kelenjar sebasea (kelenjar yang memproduksi minyak untuk melumasi permukaan kulit). Akibatnya, pembentukan jerawat dapat dihindari,“  jelas dr. Eddy Karta.

ADers dapat menggunakan cranberry sebagai bahan masker. Caranya, haluskan satu mangkuk cranberry, satu mangkuk irisan apel, dan 2 sendok makan air lemon dalam blender. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Hindari area mata,  bibir, dan leher.  Area kulit tersebut  lebih tipis sehingga lebih sensitif dan lebih mudah iritasi. Bila muncul reaksi alergi, segera konsultasikan dengan dermatolog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar