Minggu, 18 November 2012

Penyakit Sakit Perut

Penyakit sakit perut ini adalah penyakit yang penyebabnya kurangnya pola makan sehat atau jajan sembarangan yang tidak melihat kebersihan, terutama anak – anak , dalam hal ini penyakit perut selalu membuat orang jadi enggan untuk melakukan sesuatu, memilih untuk berbaring di kasur untuk meredekan nyeri tersebut, 

Rata – rata orang dewasa mengalami sakit perut di karenakan waktu makan yang tidak tepat, makan akan terjadi penyakit maag, maka haruslah di perhatikan pola makan dan kapan waktunya makan itu dating, janganlah makan setelah kita lapar itu akan membuat perut menjadi tidak nyaman, karena penyakit itu timbul karena kelakuan kita sendiri

Ada beberapa jenis sakit penyakit perut yang sering timbul 
  1. Maag (Gastritis) Maag itu terjadi karena peradangan atau luka pada lapisan lambung dan lambung berfungsi untuk menghasilkan berbagai macam zat , seperti asam lambung serta enzim – enzim pencernaan lain yang diperlukan oleh tubuh, dalam perut yang kosong, lambung akan menghasilkan zat asam lambung. Sehingga zat tersebut jumlahnya akan semakin tinggi kemudian menimbulkan penyakit maag.
  2. Radang usus buntu (Apendicitis) Usus buntu merupakan sebuah cekungan kecil yang melekat pada bagian ujung halus dan letaknya di bagian kanan bawah usus besar. Usus buntu bisa disebut juga dengan umbai cacing . usus ini memiliki peran dalam kekebalan tubuh manusia, penyakit usus buntu di karenakan bakteri atau kuman yang masuk ke dalam usus buntu. 
  3. Sembelit (Konstipasi) Sembelit adalah gangguan dalam proses pengeluaran tinja karena tinja yang ingin dikeluarkan sangat sulit dank eras sehingga mengakibatkan sakit perut, jika terlalu lama menumpuk di perut, akibatnya tinja akan sangat padat dank eras sehingga sulit untuk di buang, penyakit ini penyebabnya adalah kurang minum, stress akibat kegiatan yang penuh, jarang mengkonsumsi makanan yang berserat. 
  4. Diare Diare merupakan penyakit yang terjadi akibat peningkatan volume buang air besar yang tinggi sehingga tinja yang dikeluarkan menjadi cair dan disertai rasa mules yang berlebih, penyebab ini disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang tidak terjaga kebersihannya. Orang terkena diare pasti akan dehidrasi, karena cairan yang dikeluarkan sangat banyak. 


Itulah penyakit sakit perut yanga ada, tinggal kita bagaimana bisa mencegahnya dengan pola makan yang sehat dan waktu makan teratur, awas jangan jajan sembarangan ya,,,,,, terima kasih….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar